Humas PTKIN Se-Indonesia Gelar Rakornas untuk Tingkatkan Komunikasi dan Branding Kampus

www.iainlhokseumawe.ac.idDalam rangka menyelaraskan penyampaian informasi penting kepada masyarakat umum, perwakilan Humas dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia gelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada tanggal 1-4 Februari 2024. Kegiatan ini berlangsung bersamaan dengan rangkaian konferensi internasional The 23rd Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS).

Bertempat di Aula Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus 3 UIN Walisongo, para insan Humas PTKIN mendapatkan materi kehumasan langsung dari Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Prof. Muhammad Ali Ramdhani.

Salah satu perwakilan Humas IAIN Lhokseumawe yang hadir adalah Taufik Hidayatullah, S.Sos selaku Analis Humas, yang menilai kegiatan ini sebagai langkah positif dalam memperkuat komunikasi dan koordinasi dalam menyampaikan informasi kepada publik.

Taufik menjelaskan bahwa fokus tugas Humas saat ini adalah melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), memperkuat pemberitaan AICIS, serta mengembangkan strategi branding kampus di bawah naungan PTKIN. Jelasnya.

Sementara itu dalam materi pemaparannya, Dirjen Pendis Prof. Muhammad Ali Ramdhani menggarisbawahi pentingnya trik pencitraan merek, sebagaimana contoh iklan yang diterapkan dalam iklan rokok. Ia menekankan bahwa hal serupa dapat diterapkan dalam bidang Humas, untuk memperkenalkan keunggulan PTKIN kepada masyarakat secara lebih efektif.

Ketua Forum Humas PTKIN, Hayatul Islam, mengajak semua peserta Rakornas untuk aktif memanfaatkan kesempatan ini guna memperluas pemahaman masyarakat tentang cara masuk PTKIN. Ia menekankan pentingnya peran aktif dalam mengoptimalkan informasi tentang PMB agar lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi khalayak ramai.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Karo Humas, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Akhmad Fauzin, yang menyampaikan harapannya agar peralatan Humas yang digunakan dapat diperbaharui. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas komunikasi dan konten terkait institusi PTKIN.

Rakornas ini menjadi momentum bagi perwakilan Humas PTKIN untuk bersinergi dalam meningkatkan kualitas komunikasi, branding kampus, serta memberikan informasi yang lebih efektif kepada masyarakat mengenai berbagai kegiatan dan program yang ditawarkan oleh PTKIN. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *